Rabu, 11 Agustus 2010

KRI Krait-827 Made in Indonesia

KRI Krait-827   bukan hanya rancangan anak bangsa, namun seratus persen pekerjaannya ditangani oleh putra-putri Indonesia yang tinggal di Batam, Kepulauan Riau. Kapal perang (KRI) ini merupakan yang pertama di Indonesia berbahan baku aluminium dan sukses dikerjakan anak bangsa.

Kapal perang yang dberi nama KRI Krait-827 itu merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI-AL -lewat Fasharkan (fasilitas pemeliharaan dan perbaikan) Mentigi- dan PT Batam Expresindo Shipyard (BES), Tanjung Guncang.  KRI tersebut bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 mil.

Kapal itu dilengkapi radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 km) dengan sistem navigasi GMDSS Area 3 (jangkauan komunikasi dan radar yang sudah cukup luas) dengan kecepatan terpasang 25 knots. KRI itu juga dilengkapi dengan senjata antiserangan udara 12,7 mitraliur dan senjata meriam haluan laras ganda (Two in Barrel) kaliber 25 mili yang dapat dioperasikan secara otomatis maupun manual.

Keunggulan kapal buatan anak bangsa berbahan baku aluminium ini adalah dari sisi efektivitas. Kapal ini lebih ringan dan lentur jika dibandingkan dengan kapal yang terbuat dari besi. Maintenance aluminium lebih murah dan tahan karat (antikorosi) serta dirancang hemat bahan bakar minyak (BBM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar